Reparasi Mobil Ringan

skema SV4 :
1. sv4 part 1
2. sv4 part2
3. sv4 part 3
4. sv4 part 4
5. sv4 part 5

stoothbar berfungsi sebagai pegangan kaki kaki ke arah sasis bawah depan mobil...terdapat karet sebagai jeda antara sasis dan lubang baut bila karet ini sudah keras atau penyet istilahnya maka gerakan roda depan bila memakai velg RING agak besar 17-18 makan akan terasa bergoyang di Start RPM pertama ( pengalaman pribadi ) jangan lupa di kasih 2 baut untuk penahan alias di kontrak supaya baut tidak mudah lepas..sekarang saya memakai VELG R15 original SV4 standart  nyaman dan kuat


















overhead alias operhit alias panas berlebihan di engine dengan di tunjukkan indikator tempatur yang menonjak tinggi mendekati garis merah tandanya anda harus berhenti.tunggu mobil agak dingin dan periksa
point 1 :
periksa air radiator bila engine sudah dingin pasti air kondisinya berkurang bahkan nyaris tidak ada airnya..isi sampai penuh jgn lupa di tabung cadangannya di sebelah radiator juga di kasih air..
point 2 :
cb start engine nya..pastikan air bersirkulasi alias berputar ketika kita injak gas agak dalam ( tanda air dan waterpump bekerja dengan baik ) pastikan air radiator tidak bocor di tandai dengan mengecek sirkulasi air radiator mulai selang2 EAVC dan pack silinder yg rapat dll
point 3 :
yang tidak kalah pentingnya adalah mengecek kipas radiator posisi ada di belakang radiator arah putaran kipas ke arah mesin..bila kipas tidak sehat maka kondisi putaran akan lemah ( pengalaman ribadi ) maka lama kelamaan temp akan naik karena tidak mampu mendinginkan radiator posisi mobil pelan..bila anda mampu melaju di RPM agak tinggi maka angin dari depan mobil akan bersirkulasi ke arah radiator akan membantu proses pendinginan suhu mesin..bahkan ada pula kipas radiator yg nyaris tidak berputar..cek motor nya..relay dan brostle biasanya sering menipis karena faktor usia untuk semua jenis mobil tua tahun 80 an 90 an 2000-2004..cek dengan baik ya..pastikan anda mengendarai mobil tua dengan minim kerusakan..agar tidak terjadi hal2 yg tidak di inginkan di jalan..ok

















AC ( Air Conditioner )
mobil tua sering mengalami masalah dengan hal ini Ac tidak dingin pastikan penyebabnya..urut instalasi listriknya..mulai kabel relay gas freon evaburator nepel dan selang2 presure.
mobil2 tuan kendala biasanya kondisi Ac on ( panel dasboard on ) kompresor tidak bekerja hal ini di akibatkan isntalasi kabel yg kurang bagus dan relay yg sudah usang alias waktunya ganti ( pengalaman ) letak relay AC cluth relay ada di sebelah kipas AC ada 2 biji yang satu untuk Cluth Compresore dan yang satunya untuk mengaktifkan kipas AC ..jadi jangan di sambung jadi 1 makan kondisi AC menyala apabila 1 relay 2 fungsi ( mengaktidkan compresor dan fan AC ) maka RPM anda akan drop..dan saya menemukan kejanggalan ini ketika RPm saya prod ketika AC menyala ( pastikan kondisi EAVC sudah di bersihkan ) ini biangnya..relay 1 untuk Cluth compresor dan relay 2 untuk on kipas AC..
hal yg perlu di perhatikan pula untuk trouble shooting AC tidak dingin pastikan kondisi GAS freon R134 yang ada di dlm selang2 masih ada..cara test paling mudah adalah dengan membuka penutup di pentil nya ( biasanya di tutup palstik seperti penutup botol pada umumnya ) tusuk pakai obeng pentil di dlm nya..bia masih ada semburan kuat gas freon ke luar maka di pastikan kondisi freon masih ada dan tidak bocor
point berikutnya adalah evaburator
biasanya mobil tahun2 80-90 an sering mengalami kebocoran di part ini..cara mengetest paling mudah isi saja freon nya di tukang AC seketika itu AC akan dingin bayar dan bawa pulang..bsk AC tidak akan dingin lagi menandakan ada kebocoan di instalasi selang2 presure dan evaburator nya..cek satu2 nya manual cek pakai pompa sepeda untuk test evaburator atau di tiup pastian semua kisi2 evabuartor di lumuri dengan sabun bila ada kebocoran makan air sabun itu akan membentuk balon2 kecil..menandakan kebocoran di daeran tersebut..selamat mencoba kawan